Tips Menentukan Kapasitas Bandwith


hosting

Seorang pengguna internet khususnya pengguna layanan web hosting haruslah memperhitungkan bandwith yang di butuhkan dalam kebutuhannya untuk melakukan kegiatannya dalam dunia internet. Dan untuk yang mempergunakan sebuah hosting berbayar haruslah memperkirakan kapasitas bandwith yang diperlukan untuk kegiatannya sehingga dalam hal pemilihan sebuah paket web hosting dapat di sesuaikan dengan apa yang di butuhkan.

Tapi sebelumnya mari kita telaah terlebih dahulu apa itu bandwith. Bandwith dalam ilmu computer di kenal sebagai sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat di bawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu dengan satuan bps, sehingga koneksi dengan bandwith yang besar akan memungkinkan berhasilnya pengiriman informasi dengan kapasitas besar.

Alokasi atau reservasi sebuah bandwith merupakan sebuah proses untuk menentukan jatah bandwith kepada seorang user dan aplikasi di dalam sebuah jaringan. Yang di dalamnya menentukan prioritas terhadap berbagai jenis aliran data berdasarkan seberapa penting atau krusial dan delay-sensitive aliran data tersebut. Dengan ini dalam penggunaannya sebuah bandwith memungkinkan untuk di gunakan secara efisien.

Bisa di bilang sebuah bandwith bisa diilustrasikan seperti jalan raya yang di lewati oleh kendaraan-kendaraan bermotor. Semakin besar jalan tersebut maka semakin banyak pula kendaraan –kendaraan bermotor yang dapat melewati jalan tersebut.

Lalu bagaimana menentukan kapasitas bandwith. Kapasitas bandwith ditentukan oleh besarnya halaman, jumlah pengunjung, dan jumlah halaman yang di buka oleh pengunjung. Lalu bagaimanakah besarnya halaman dapat mempengaruhi sebuah bandwith. Semakin besar halaman maka di perlukan bandwith yang besar untuk dengan cepat menampilkannya. Dan apabil1 buah situs memiliki halaman dengan ukuran rata-rata 150 kb dan di dalam situs tersebut terdapat 7 buah halaman maka di butuhkan sekitar 1050 kb untuk membuka seluruh halaman. Hal tersebut andai saja berlaku untuk 1 pengunjung, jika terdapat 1000 pengunjung maka menjadi sekitar 1 mb dalam sekali mengklik dengan catatan setiap pengunjung membuka seluruh halaman yang tersedia.

Itu jika di lihat dari segi halaman, begitu juga sama halnya jika dilihat dari faktor pengunjung dan faktor jumlah halaman yang di kunjungi. Semakin banyak pengunjung maka otomatis akan memerlukan bandwith yang besar juga untuk memastikan terjaganya stabilitas penyampaian informasi yang akan disampaikan oleh situs tersebut.

Dengan mengetahui berapa bandwith yang dibutuhkan, maka akan mempengaruhi paket hosting yang di butuhkan atau di pilih. Mungkin ada baiknya jika menggunakan sedikit ilustrasi. Andai saja sebuah halaman senilai 150 kb dan terdapat 6 buah halaman sehingga totalnya menjadi 900 kb. Dengan asumsi pengunjung yang berkunjung sekitar 10.000 pengunjung dan di asumsikan seluruh pengunjung mengklik seluruh halaman yang tersedia maka bandwith yang di butuhkan menjadi : 900 x 10000 = 9000000 kb. Atau sama dengan 9 GB total bandwith yang di butuhkan. Jadi dalam menentukan sebuah bandwith harap di perhatikan terlebih dahulu ukuran halaman web, asumsi jumlah pengunjung, dan perkiraan halaman yang di klik, hal tersebutlah yang mempengaruhi perhitungan-perhitungan bandwith sebelum memilih paket hosting.

Www.jogjahost.com merupakan situs webhosting yang memiliki penawaran terhadap bandwith yang sukar di tolak. Dengan harga yang minimal hanya sebesar Rp. 50000 sudah memiliki bandwith sebesar 5gb. Hal tersebut sangatlah bagus untuk sekelas pemula yang masih baru untuk memulai di dunia internet ini. Dengan bandwith sebesar itu maka stabilitas pengiriman informasi dapat dengan mudah tersampaikan secara akurat dan cepat. Www.jojgahost.com menawarkan paket dengan bandwith besar sehingga tidak ada yang perlu anda khawatirkan akan kehilangan informasi atau data-data anda, juga dengan jumlah pengunjung yang bisa anda dapatkan. Karena www.jogjahost.com mengerti apa yang Anda butuhkan untuk web hosting anda.

Incoming search terms for the article:

Leave a Reply