Pengertian Domain,Sub,Parking,Addon Domain


hosting

Pengertian Domain

Domain nama yang merupakan identifikasi dari satu atau lebih alamat IP. Sebagai contoh nama domain mewakili lusinan alamat IP. Atau pengertian yang lebih mudah adalah Domain merupakan nama unik/alamat untuk website kita, domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Sebagai contoh, nama domain untuk alamat website (URL) http://blog.jogjahost.com/, adalah blog.jogjahost.com.

Ada beberapa istilah-istilah lain yang berhubungan dengan nama domain, seperti Sub Domain, Add-On Domain, Parked Domain.

Sekarang pertanyaannya adalah apa arti dari fasilitas-fasilitas tersebut ?

Sub Domain

Sub domain merupakan anak dari domain utama. Jadi, misalnya kita mempunyai domain yang bernama kabarsports.com lalu didalam situs tersebut terdapat fasilitas Website perbadi dan di letakkan di folder bola maka kita dapat mempergunakan sub domain untuk mengakses folder tersebut misalnya menjadi bola.kabarsports.com Cara pembuatannya adalah dengan mengklik fitur sub domain pada cpanel anda lalu menuliskan nama sub domain yang di kehendaki dan browser akan mengarahkan ke bola.kabarsports.com

Parked Domain

Parked domain misalnya seperti ini, kita mempunyai dua buah domain. masing-masing bernama kabarsports.com dan kabar.co.nr. Namun kita ingin tampilan pada kabarsports.com sama persis dengan Kita dapat mempergunakan fasilitas parked domain untuk menangani masalah tersebut.

Caranya adalah dengan mengklik parked domain pada cpanel tempat hosting anda lalu menambahkan di dalamnya. Kemudian masuk ke situs tempat domain anda bernaung misalnya anda menggunakan (http://www.Nama domain.Com) dan menuliskan name server 1 dan name server 2 yang mengarah ke tempat hosting anda pada bagian pengaturan name server. Informasi mengenai alamat name server bisa anda dapatkan melalui cpanel tempat hosting anda (biasanya di menu parked domain). Untuk lebih memahaminya sebaiknya anda praktekkan juga.

Addon Domain

Addon domain beda-beda tipis dengan parked domain. Jika pada parked domain dua situs dengan nama berbeda ingin memiliki tampilan yang sama maka addon domain digunakan untuk dua situs dengan nama berbeda dengan tampilan yang berbeda pula namun menggunakan sub direktori dari situs yang pertama. Misalnya ada dua situs,dan kabarsports.com lalu bola.kabarsports.com ingin menampilkan web yang sumbernya berasal dari kabarsports.com Maka kita dapat menggunakan addon domain untuk mengakses bola.kabarsports.com (nanti tampilan pada browser, alamat akan tetap kabarsports.com) sehingga user tidak tahu jika situs yang sedang di buka sebenarnya adalah bola.kabarsports.com Cara pembuatannya tidak jauh berbeda ketika membuat parked domain.

Incoming search terms for the article:

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply