Mengapa harus pilih hosting server IIX


hosting

IIX atau Indonesia internet exchange merupakan sebuah wadah atau tempat dimana berkumpulnya isp ( internet service provider ), penyedia layanan internet di Indonesia seperti cbn, 3g-net, indosatm2, Telkomnet instant, dan lain-lain. Dengan adanya IIX ini maka internet connection akan terasa lebih mudah dan cepat, di karenakan sambungan internetnya tidak harus ke tempat lain dulu baru kembali ke Indonesia.
dengan adanya kegiatan internet seperti internet marketing membuat kebutuhan akan kecepatan dan keakuratan dalam pertukaran data sangat di butuhkan. Di tambah lagi semakin meningkatnya para pengguna internet akhir-akhir ini terutama di Indonesia. Selain itu dengan bertambahnya perusahaan – perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan internet membuatnya membutuhkan semacam wadah antar penyelenggara jasa internet (PJI) di Indonesia. Sehingga akan mempermudah komunikasi antar pelanggan penyedia jasa internet di Indonesia. Tanpa adanya interkoneksi ini maka segala lalu lintas informasi yang di pergunakan antar PJI Indonesia akan tergantung dengan interkoneksi yang terdapat di luar negeri, yang otomatis tidak sepenuhnya akan di control oleh PJI Indonesia. Hal inilah yang melatarbelakangi pembentukan dari IIX. Sedangkan tujuannya hanya satu yaitu membentuk jaringan interkoneksi nasional yang memiliki kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan yang ada, untuk di gunakan oleh setiap penyelenggara jasa internet yang memiliki izin beroperasi di Indonesia.
lalu mengapa harus memilih hosting server IIX ini. Server IIX ini memiliki beberapa keuntungan di bandingkan dengan menggunakan server yang berasal dari luar negeri,  selain kecepatannya yang bisa di katakana untuk tingkat lokal cukup cepat, dan bagi para penyelenggara jasa internet mungkin aka mengalami penghematan sedikit untuk biaya operasional. Setiap internet service provider (isp0 yang tersambung ke IIX tidak akan di kenakan biaya bandwith, tapi hanya di kenakan biaya sambungan fisik seperti serat optic, jalur nirkabel ataupun sewaan. Selain itu IIX ini bisa di gunakan sebagai alternative koneksi jika server us atau server luar negerinya rusak.
sebenarnya interkoneksi untuk masing PJI atau isp sudah terbentuk tapi hanya berlaku untuk pelanggan masing-masing isp bukan pelanggan antar isp, hal ini juga yang melatarbelakangi untuk di bentuknya IIX  sebagai pembentukan interkoneksi yang bersifat nasional bukan per-isp.
karena sarana interkoneksi ini cukup baru maka akan diperlukan beberapa pengembangan-pengembangan yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan server dari IIX ini. Bukan hanya dari fitur-fitur yang di tawarkan tapi dari segi service dan maintenance, karena Indonesia sebagai negara yang termasuk memiliki penduduk terbanyak di dunia sudah pasti memiliki pemakai jasa internet yang banyak pula, apabila hal ini tidak diimbangi dengan pelayanan yang excellent maka yang terjadi hanyalah kekecewaan.
baiklah untuk perbandingan antara server IIX dan server luar negeri dapat membantu untuk menentukan pilihan apakah server IIX atau server luar negeri. Untuk server luar negeri, sebagai contoh ialah server us.  Server ini memiliki kelebihan untuk di service dan spesifikasi untuk servernya, selain itu kecepatan untuk akses dari luar negeri pun bisa di bilang cepat, tapi kurang cepat jika pengaksesnya berasal dari Indonesia. Untuk para pengguna internet marketing khususnya pemain dari SEO yang menginginkan ranking yang memadai di berbagai search engine. Mudah di akses bagi pengunjung yang berasal dari luar negeri, dan kekurangannya mungkin pengakses dari Indonesia mengalami sedikit kesulitan dalam mengakses server ini di lihat dari loading page dan uploadnya yang agak sedikit lama di bandingkan dengan negara lain. Lalu bagaimana dengan server IIX, untuk server IIX memiliki kelebihan loading page dan upload yang cepat untuk pengunjung atau pengguna local. Sehingga server ini cocok untuk para pengguna dan pengunjung yang berasal dari dalam negeri. Tapi untuk pengunjung dari luar negeri akan sedikit sulit karena adanya bandwith untuk luar di sediakan sangat kecil.
mungkin bisa dibilang tergolong baru sehingga untuk segala aplikasi atau pelayanan tidak bisa di samakan dengan server yang berada di luar negeri. Masih di butuhkan pengembangan-pengembangan dan peningkatan dari segi pelayanan sehingga dapat menyamai tingkat pelayanan dari server luar negeri. Tapi bukan berarti para pelanggan isp di Indonesia ini merasa kecil hati di karenakan penggunaan server IIX ini. Justru server ini haruslah di gunakan oleh para penyedia jasa internet ini, di karenakan server IIX ini merupakan hasil karya produk dalam negeri yang harus di dukung dan antusias dalam penggunaannya. Agar dapat terjadi pengembangan-pengembangan yang bersifat positif dalam prosesnya. Memang untuk saat ini lebih banyak kekurangannya tapi hal tersebut merupakan proses untuk menjadikannya menjadi lebih baik lagi.
lalu mengapa kita harus memilih hosting server IIX, karena server IIX merupakan sebuah produk local yang patut di banggakan, dan di kembangkan. Dan karena server IIX merupakan produk Indonesia asli dan penggunanya merupakan warga negara Indonesia, dan warga negara Indonesia akan menggunakan setiap produk yang berasal dari negaranya sendiri, dan bangga dalam menggunakannya. Hanya itu alas an yang bisa di gunakan untuk menjawab pertanyaan mengapa harus memakai hosting server IIX.

Incoming search terms for the article:

Leave a Reply