Mengapa Harus memilih VPS Server


hosting

Di Dunia Internet dan Website pasti anda mengerti tentang Hosting atau tempat menyimpan data-data website anda. Nah Jika anda pernah memakai blog, anda tidak akan membutuhkan sebuah hosting karena blog sendiri sudah secara default ada self hosting atau hosting yang sudah otomatis disediakan oleh pihak layanan. Nah jika anda menggunakan website dan ingin mempunyai tempat untuk menyimpan data anda di internet maka anda diharuskan memiliki hosting. Hosting untuk website, terpisah tidak seperti blog.

Ada 3 jenis hosting untuk website yaitu Shared Hosting, Dedicated Server dan yang terakhir adalah VPS atau Virtual Private Server. Shared Hosting adalah hosting yang digunakan oleh banyak pihak secara bersamaan. Hosting ini memang terlihat mudah, namun jika saja ada salah satu pengguna menggunakan script program yang cukup berat maka efeknya akan mengenai pengguna lainnya juga. Dedicated Server akan dijelaskan pada materi selanjutnya dan kemudian yang terakhir VPS atau Virtual Private Server akan dibahas pada materi kali ini termasuk alasan mengapa harus memilih VPS Server.

Awal mula VPS Server
Sebelum VPS Server hadir, para pemilik website atau webmaster sering menggunakan layanan Shared Hosting. Shared Hosting ini awalnya dikenal oleh para webmaster karena kemudahannya dalam pelayanan dan juga harganya yang sangat terjangkau. Tidak heran setelah teknologi ini ditemukan perkembangannya langsung meningkat drastis dan penyedia layanannya pun langsung meningkat tajam. Selama beberapa waktu memang Shared Hosting sempat merajai karena tidak ditemukannya keanehan, tapi kemudian mulai terjadi keanehan pada beberapa user yang mengeluh beratnya loading page website mereka.

Mengapa? Ya karena ini adalah shared atau dipakai bersamaan, maka tidak heran jika ada salah satu user menggunakan resource tinggi, maka akan mempengaruhi performa dari user lainnya. Nah dari sinilah lahir VPS Server, dimana VPS Server tidak asal memberikan resource kepada usernya. Ya VPS Server membagi prosesor, RAM, dan juga hardisk kepada masing-masing user yang menggunakan dalam taraf tertentu sehingga apa yang mereka lakukan tidak akan mempengaruhi user lainnya.

Penjelasan tentang VPS Server
VPS atau Virtual Private Server ini sesuai dengan namanya adalah sebuah server hosting virtual dimana seolah-olah pengguna hosting tersebut seperti memiliki hosting sendiri sesuai dengan keinginan mereka. VPS Server ini sebenarnya hanya satu server saja namun setiap user yang menggunakan diberikan resource masing-masing mulai dari kecepatan prosesor, ram maupun kapasitas hardisk sehingga apapun aktivitas yang dilakukan tidak akan mengganggu pengguna lainnya.

Biasanya penyedia layanan Shared Hosting juga menyediakan layanan VPS Server bagi para penggunanya. Dan tentu saja yang membedakan diantara keduanya adalah kualitasnya, kenyamanannya dalam menggunakan dan yang terakhir tentu saja adalah harganya. Ya, harga layanan hosting VPS Server ini pastilah lebih mahal dari Shared Hosting namun perbedaan harganya tidak terlalu jauh karena itu VPS Server ini sangat cocok digunakan bagi pemula ataupun professional yang ingin kinerja websitenya bisa maksimal dengan harga masih terjangkau.

Mengapa harus memilih VPS Server?
Dengan membaca beberapa penjelasan diatas mungkin anda akan segera menyadari mengapa anda harus memilih VPS Server. Namun agar lebih mudah untuk dipahami berikut beberapa ringkasan mengapa anda harus memilih VPS Server :

1. Karena VPS Server lebih aman dari gangguan
Jika dengan Shared Hosting anda masih merasa was-was dengan performa website anda karena bias terpengaruh oleh pengguna lain, pada VPS Server anda bisa merasa tenang karena resource yang diberikan kepada anda adalah mutlak milik anda dan tidak bisa diganggu gugat oleh pengguna lain.

2. Karena VPS Server berharga terjangkau
Kendati layanan VPS Server ini berharga lebih mahal dari Shared Hosting, tapi dari sisi kualitas, kenyamanan dan harga masih bisa dibilang sangat sesuai dan bahkan terjangkau. Ya untuk apa anda membeli kunci murah tapi gampang dibobol? Bukankah lebih baik anda membeli kunci yang sedikit mahal namun keamanannya terjaga?

3. Karena VPS Server cocok bagi pemula
Walaupun anda adalah seorang pemula, VPS Server adalah solusi tepat bagi anda karena dari nilai bisnis juga sangat menguntungkan. Sambil mengembangkan bisnis dari website anda, anda bisa merasa aman, nyaman dan uang bertebaran serta pengeluaran hanya sebesar celengan. Menarik bukan?

Incoming search terms for the article:

Leave a Reply