Mengapa Harus memilih Dedicated Server


hosting

Dalam dunia hosting anda pasti sudah mengenal 3 jenis hosting yaitu Shared Hosting, VPS atau Virtual Private Server dan yang terakhir Dedicated Server. Pada Shared hosting keuntungannya anda memiliki kemudahan dalam akses dan juga harga yang sangat murah sesuai dengan kantong pendek anda. Namun kekurangan shared hosting ini terletak pada resource yang saling mempengaruhi antara pengguna satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain jika ada salah satu user menggunakan resource besar maka anda akan terkena imbasnya pada performa website yang super lambat.

Selanjutnya adalah VPS atau Virtual Private Server dimana hosting jenis ini sebenarnya adalah pengembangan dari shared hosting. Ya hosting ini tetap menggunakan 1 server sama seperti shared hosting  namun perbedaannya adalah pada resource-nya yang dibatasi untuk per user sehingga tidak terjadi saling berebut resource. Namun harga layanan yang satu ini lebih mahal dari Shared Hosting. Nah kemudian yang terakhir adalah Dedicated Server dimana secara jelas hosting ini memiliki keuntungan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kedua hosting sebelumnya. Penjelasan mengenai dedicated server dan alasan mengapa anda harus memilih hosting dedicated server.

Penjelasan hosting Dedicated Server
Secara umum dalam dunia hosting mungkin anda akan lebih cenderung mengenal shared hosting dan yang lebih baru adalah vps server. Kedua hosting ini sangat terkenal karena harganya yang masih terjangkau dan layanan yang masih terbilang berkualitas. Namun kembali lagi semakin berkembangnya teknologi dan banyak data yang masuk dan harus disimpan, membuat kedua hosting ini kewalahan dalam menerima data yang terlalu banyak. Ya kedua hosting tersebut akan mengalami kelambatan akses yang signifikan dan bahkan terkadang bisa hang saat data yang masuk begitu banyak.

Misalkan anda memiliki sebuah website dimana menggunakan layanan hosting shared atau vps. Nah mungkin saat pengunjung anda berjumlah ratusan atau mungkin ribuan, website anda tidak akan mengalami masalah atau lancar-lancar saja dalam hal kecepatan akses. Namun nanti anda akan merasakan perubahan yang cukup signifikan ketika pengunjung anda tadi meningkat menjadi puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu perharinya. Ya anda akan mengalami kelambatan akses pada website anda. Bukan hanya itu saja, walaupun jumlah pengunjung anda tidak seberapa tapi data yang harus disimpan juga terlampau banyak, anda akan merasakan hal yang tidak wajar ini pada website anda.

Lalu bagaimana solusinya?
Nah karena permasalahan inilah akhirnya para pemilik website mulai mempertimbangkan hosting dedicated server. Apa itu hosting dedicated server? Berbeda dengan 2 hosting sebelumnya, hosting dedicated server adalah server yang disediakan sendiri hanya khusus untuk pengguna perseorangan saja atau tanpa di share. Dedicated server ini terbagi menjadi 2 yaitu dedicated server milik sendiri dan dedicated server menyewa.

Dedicated Server milik sendiri ini adalah sebuah server hosting yang disediakan sendiri oleh sang pemilik website atau dengan kata lain pemilik website menggunakan komputernya sendiri sebagai hosting server. Keuntungannya adalah pemilik website bisa mengatur sendiri hostingnya sesuai dengan keinginannya dia termasuk kapasitas data yang diijinkan. Sedangkan kekurangannya adalah jika spesifikasi komputernya rendah maka kinerjanya tidak lebih baik dari vps server atau bahkan shared hosting, selain itu jika mati lampu dan tidak ada daya cadangan maka website pun otomatis mati dan tidak bisa diakses.

Sedangkan Dedicated Server menyewa biasanya memiliki spesifikasi sangat tinggi dan kualitas yang terbilang mewah. Ya layanan yang ditawarkan biasanya sangat berkualitas dan dijamin bisa terbebas dari masalah beratnya akses dibandingkan dengan dedicated server milik sendiri. Keuntungan dedicated server menyewa adalah jarang sekali mati lampu dan kalaupun mati lampu biasanya ada tenaga cadangan untuk tetap membuat website tersebut online, selain itu juga kualitas kecepatan akses yang luar biasa nyaman. Sedangkan kekurangannya adalah harga yang ditawarkan  begitu tinggi dan kadang mencekik.

Lalu mengapa harus memilih Dedicated Server?
Setiap hosting server memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri termasuk juga dedicated server. Nah ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan mengapa anda harus memilih dedicated server yaitu :

1. Bisa bebas biaya
Ya hal ini bisa terjadi jika anda menggunakan dedicated server dengan komputer sendiri. Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk menyewa hosting. Namun yang pasti anda juga harus menguasai cara untuk men-setting komputer anda menjadi sebuah hosting sendiri.

2. Kualitas akses yang luar biasa cepat
Tentu saja dengan komputer yang hanya disediakan untuk anda sendiri tanpa dibagi akan jauh lebih cepat dan leluasa untuk digunakan sehingga anda tidak perlu khawatir dengan performa website anda ketika diakses.

3. Cocok untuk pebisnis kelas atas, dan professional
Jika anda adalah seorang pebisnis kelas atas atau mungkin adalah seorang professional bidang online pastilah anda memiliki website dengan jumlah pengunjung fantastis dan juga data yang begitu banyak. Nah dengan hosting dedicated server ini anda tidak perlu khawatir dengan kecepatan ataupun kapasitas yang disediakan karena pastilah lebih dari cukup sehingga anda bisa tenang menjalankan aktifitas anda.

Incoming search terms for the article:

Leave a Reply