CMS yang Paling Banyak Digunakan Dalam Membuat Website


hosting

Dahulu kala orang membuat sebuah website memerlukan keahlian khusus dalam pemrograman internet. Namun sekarang setiap orang yang awam pemrograman internet pun sudah dapat membuat website sendiri secara instan dan mudah. Hadirnya teknologi CMS-lah yang memicu berkembang pesatnya website dan blog di internet. Kini, hampir setiap pengguna internet di dunia memiliki blog.

CMS atau Content Management System merupakan sebuah aplikasi web yang memungkinkan anda sebagai pengguna internet untuk menambahkan atau memodifikasi isi dari suatu web. Akan tetapi sebagian orang lebih mengenalnya sebagai engine/mesin untuk membuat website. Dengan adanya CMS pembuatan dan pengelolaan sebuah website menjadi lebih mudah. Anda hanya menambahkan teks, gambar, animasi dan file multimedia lain untuk membuat website tanpa perlu memiliki kemampuan bahasa HTML, PHP, ASP, Javascript dan pemrograman internet lainnya.

Menurut perkembangannya, ada banyak sekali macam-macam aplikasi web berbasis CMS yang dapat anda pakai. Hal ini disebabkan karena aplikasi CMS bersifat open source sehingga setiap orang boleh memodifikasi source CMS. Beberapa aplikasi web berbasis CMS yang banyak dipakai antara lain :

1. WordPress

WordPress merupakan aplikasi open source yang banyak dipakai untuk membuat blog. Selain blog, WordPress juga sekarang mulai dimanfaatkan sebagai Content Management System (CMS) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Dengan adanya dukungan plugin yang banyak dan bervariasi, pengguna tinggal menginstalnya sesuai dengan kebutuhan mereka. Tak heran jika sekarang banyak pengguna internet berpindah dari aplikasi CMS lain ke aplikasi WordPress. Bahkan perusahaan besar pun menggunakan WordPress sebagai engine situsnya.

Berikut ini beberapa keunggulan WordPress :

a. Gratis

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli WordPress. Anda hanya cukup mendownloadnya di situs resminya di www.wordpress.org. Jika anda menginginkan versi bahasa Indonesianya anda dapat mendownloadnya di id.wordpress.org.

b. Berbasis open source

Dengan berbasiskan open source, anda dapat melihat, mempelajari dan memodifikasi baris-baris kode WordPress tersebut secara bebas. Bagi anda yang memiliki kemampuan tingkat lanjut, anda dapat mengembangkan sendiri program WordPress tersebut sesuai dengan keinginan anda.

c. Template dan desain

Template dan desain tampilan WordPress memang mudah untuk anda modifikasi. Hanya berbekal search engine google, anda dapat menemukan jutaan file template wordpress dan desain tampilannya. Apabila anda mempunyai pengetahuan HTML, anda dapat dengan mudah memodifikasi tampilannya.

d. Mudah dioperasikan

WordPress mudah dioperasikan, bahkan untuk orang awam sekalipun. Adanya dukungan bahasa lokal seperti bahasa Indonesia, turut membantu pengoperasiannya.

e. Dapat digunakan secara multi-user

WordPress dapat dioperasionalkan lebih dari satu orang. Jika anda ingin membuat sebuah situs organisasi/instansi, anda dapat mendaftarkan anggota dari blog tersebut sebagai kontributor.

f. Dukungan plugin yang banyak dan berkembang

Plugin merupakan sebuah aplikasi tambahan yang dapat disinergikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang tidak dapat dijumpai pada instalasi standar. Anda dapat mendownloadnya secara gratis di www.wordpress.org/extend/plugins

g. Kemampuannya dalam memunculkan format XML, XHTML dan CSS standar.

h. Disediakan fasilitas hosting dan domain gratis bagi anda yang mendaftar di www.wordpress.com.

dan masih banyak keunggulan yang lain.

Adapun tampilan WordPress standar dapat anda lihat pada gambar 1 di bawah ini

Gambar 1

2. Joomla

Dahulu sebelum WordPress terkenal seperti sekarang, Joomla merupakan CMS yang banyak dipakai orang dalam membuat portal situs web. Hal ini disebabkan karena Joomla lebih stabil, memiliki modul atau fasilitas yang lengkap dan memiliki prospek pengembangan yang bagus karena didukung oleh banyak komunitas termasuk komunitas pengguna. Ada 3 elemen pokok dalam Joomla, yaitu : Apache, PHP, dan MySQl. Apache merupakan server web yang berfungsi menyediakan layanan situs. Skrip PHP merupakan kumpulan perintah program dalam bahasa PHP. Sedang MySQl bertindak sebagai database untuk menyimpan konten situs web.

Untuk mendownload aplikasi Joomla anda dapat mendownloadnya di www.joomla.org. Selain paket instalasi Joomla, andapun dapat mendownload modul dan template untuk mempercantik tampilan situs anda.

Adapun tampilan Joomla standar dapat anda lihat pada gambar 2 sebagai berikut:

Gambar 2

3. Drupal

Drupal merupakan aplikasi berbasis CMS dan bersifat open source. Drupal dapat digunakan untuk membangun portal web komunitas, situs diskusi, website perusahaan, aplikasi internal, blog, aplikasi komersil e-commerce, kumpulan sumber informasi, situs jejaring sosial, website multi bahasa dan website multi situs. Drupal dapat anda download di http://drupal.org/. Jika anda sebagai pengguna baru Drupal, anda akan mengalami sedikit kesulitan dalam penggunaannya pertama kali karena ada beberapa perbedaan cara penggunaannya. Namun sebenarnya aplikasi CMS ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan WordPress sekalipun, yaitu :

- Dapat berjalan pada semua sistem operasi baik Windows, Mac OS-X, Linux dan FreeBSD

- Mendukung aplikasi web server berbasiskan Apache dan IIS

- Mendukung database MySQl, PostgreSQL dan MsSQl.

- Mempunyai API sebagai Framework yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web CMF

Adapun tampilan Drupal standar dapat anda lihat pada gambar 3 berikut:

gambar 3

Bagi anda yang mempunyai hosting dan domain, anda dapat mencoba puluhan aplikasi CMS secara instant dengan menggunakan aplikasi Fantastico atau Softaculous pada menu cPanel.

Incoming search terms for the article:

Tags:

Leave a Reply