Cara Memilih Hosting Yang Baik


hosting

Web hosting merupakan tempat (space) untuk meletakkan file-file situs web anda. Sekarang ini sudah banyak perusahaan penyedia jasa web hosting di internet. Web hosting ditawarkan mulai dari paket personal sampai dengan paket bisnis untuk perusahaan. Dengan adanya penyediaan jasa web hosting anda tidak harus memiliki komputer server yang online setiap waktu. Anda cukup menyewanya saja, kemudian file-file situs anda tinggal di pindah ke penyedia web hosting tersebut. Selain hemat, anda dapat lebih memfokuskan ke konten situs web anda.

Namun memilih penyedia jasa web hosting yang baik ternyata gampang-gampang susah. Pasalnya banyak penyedia jasa web hosting yang menawarkan berbagai macam fitur dan harga sehingga dapat membuat anda sedikit bingung. Salah satu penyedia jasa hosting yang sedang berkembang saat ini yaitu JogjaHost yang beralamat di http://www.jogjahost.com.

Jika anda masih bingung memilih penyedia jasa web hosting, berikut ini panduan cara memilih web hosting yang baik.

1. Lokasi Data Center

Lokasi data center maksudnya adalah tempat dimana server penyedia jasa hosting tersebut beroperasi. Jadi bukan lokasi perusahaan penyedia jasa web hosting tersebut beroperasi melainkan lokasi servernya. Pada umumnya anda akan ditawarkan 2 macam lokasi server, yaitu server lokal Indonesia dan server luar (Amerika). Dalam hal ini, yang harus anda perhatikan bukan harga yang ditawarkan melainkan target pengunjung situs anda nantinya. Jika pengunjung situs anda sebagian besar berasal dari dalam negeri, anda dapat memilih server web hosting lokal yang terhubung dengan jaringan Indonesia Internet Exchange atau IIX. Namun jika pengunjung situs anda sebagian besar berasal dari luar negeri anda dapat memakai server web hosting luar seperti Amerika atau Singapura.

Di JogjaHost anda akan diberikan dua pilihan sever yaitu lokal IIX dan Amerika. Berbeda dengan provider lain, web hosting JogjaHost menawarkan nilai lebih yaitu dukungan bandwith yang lebih besar sehingga alokasi bandwidth baik dalam maupun luar negeri tidak menjadi masalah. Jadi jika situs web anda sedang ramai dikunjungi, server web hosting ini masih mampu menanganinya dengan baik.

2. Reputasi dan Referensi

Langkah kedua dalam memilih web hosting yaitu anda perlu mengetahui sejarah penyedia jasa web hosting di masa lalu, apakah memiliki reputasi uptime yang baik atau tidak. Penyedia jasa web hosting yang berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik, tentu memiliki pelanggan yang puas dengan pelayanan mereka. Anda dapat menanyakan langsung ke pelanggan tersebut melalui email/chat. Dengan mendengarkan langsung dari pelanggan anda dapat lebih yakin dengan jasa web hosting yang akan anda pilih nantinya.

Reputasi dan referensi JogjaHost sebenarnya tidak perlu diragukan lagi. Walaupun usianya masih terbilang muda, namun pengelola web hosting ini merupakan ‘orang lama’ yang bermain di dunia networking. Dengan pengalaman yang dimiliki dan dukungan network dari ISP dan data center di Indonesia, JogjaHost akan memberikan pelayanan terbaik web hostingnya kepada anda.

3. Dukungan Aplikasi Server Web

Pada paket web hosting yang ditawarkan, anda dapat melihat aplikasi server web apa saja yang sudah di dukungnya. Jika situs web yang anda bangun dan difungsikan di dalam server Windows, pastikan komputer server yang dijalankan menggunakan operating system Windows Server beserta aplikasi pendukungnya, misal ASP.NET atau Frontpage Extension. Sebaliknya jika situs web yang anda bangun menggunakan bahasa PHP, MySQl atau bahasa lain yang bersifat open source, anda dapat memilih server yang berbasis Linux.

Dukungan aplikasi server web di JogjaHost terbilang cukup lengkap mulai dari fasilitas aplikasi phpMyAdmin, database MySQl, email, sampai dengan fasilitas statistik web anda. Untuk sementara di JogjaHost hanya menyediakan server yang berbasiskan Linux. Hal ini dikarenakan server berbasiskan Linux handal, lebih stabil dan ringan dijalankan. Selain itu juga anda dapat menginstal aplikasi web seperti wordpress, joomla, forum, e-commerce dan aplikasi opensource lain secara instan melalui aplikasi Fantastico. Jadi anda tidak akan susah-susah menginstal aplikasi web yang anda inginkan, semua telah tersedia di web hosting.

4. Backup

Fasilitas yang satu ini wajib dimiliki ketika anda memilih web hosting. Hal ini dikarenakan data di dalam situs anda bersifat pribadi dan penting. Oleh karena itu fasilitas backup ini akan membantu melindungi data anda jika suatu saat sistem komputer server provider mengalami crash. Pada JogjaHost, fasilitas backup telah terinstall di menu cPanel. Anda dapat mem-backup data situs dan mendownloadnya.

5. Dukungan Teknis/Customer Service

Dengan adanya teknikal support anda akan nyaman dan setiap saat dapat menghubunginya ketika hosting anda mengalami masalah. Namun teknikal support saja tidaklah cukup. Pastikan penyedia web hosting anda memiliki teknikal support yang sudah berpengalaman. Dengan begitu masalah anda akan cepat tertangani.

Di JogjaHost anda akan didampingi customer service yang handal dan diakui dalam melayani pelanggan. Ada fasilitas live chat yang memungkinkan anda dapat langsung berkomunikasi melalui teks messenger dengan teknikal support dan ada pula fasilitas line telepon yang memungkinkan anda dapat berbicara dengan teknikal support. Yang menarik fasilitas ini online 24 jam baik di hari biasa maupun hari libur sehingga anda tidak akan kesusahan ketika situs web anda bermasalah.

6. Fasilitas Control Panel

Untuk memudahkan anda dalam mengelola akun web hosting seperti mengubah password ftp, membuat email, manajemen file, backup, melihat statistik situs sampai dengan menginstal aplikasi tambahan, anda memerlukan sebuah menu bernama control panel. Saat ini ada berbagai macam program komersil control panel tersebut, antara lain : Plesk (www.parallel.com), Ensim (www.ensim.com), dan cPanel (www.cpanel.net). Anda dapat mengunjungi situs-situs tersebut untuk mengetahui kelebihan masing-masing program control panel. Sebagai informasi, saat ini banyak penyedia web hosting yang menggunakan cPanel sebagai control panelnya karena relatif lebih mudah dan user-friendly.

7. Harga sewa

Jika anda tidak ingin kecewa di kemudian hari, pastikan anda memilih penyedia jasa web hosting yang menawarkan harga yang wajar untuk layanan yang diberikan. Sedikit tips, sebaiknya anda hindari penggunaan layanan yang menawarkan kapasitas dan bandwidth unlimited, karena anda tidak akan pernah tahu kapasitas dan bandwidth yang sebenarnya. Jika semua pengguna layanan unlimited tersebut menggunakan kapasitas dan bandwidth secara jor-joran, maka bisa dipastikan kinerja server hostingan tersebut tidak stabil bahkan bisa crash/down akibat habisnya space.

Demikianlah panduan singkat dalam memilih web hosting. Jika anda masih belum jelas, anda dapat berkonsultasi dengan marketing jasa web hosting yang ingin anda pakai. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms for the article:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply