Cara membuat email pada hosting


hosting

Email pada hosting merupakan salah satu fasilitas tambahan ketika kita membeli jasa web hosting. Hampir semua penyedia jasa web hosting memberikan layanan email ini secara cuma-cuma dengan jumlah akun tak terbatas (unlimited). Adapun kapasitas yang ditawarkan bersifat sharing (berbagi pakai) dengan kapasitas space web hosting anda. Anda juga mendapatkan fitur email menarik lainnya seperti Antispam, email forwarding dan email autoresponder. Antispam merupakan program yang mampu mem-filter email yang masuk pada inbox. Dengan sedikit pengaturan Antispam mampu memblokir email yang tidak kita inginkan. Fasilitas email forwarding memungkinkan anda dapat meneruskan email anda ke alamat email lainnya secara otomatis (by pass). Sedangkan fasilitas autoresponder memungkinkan anda dapat menjawab secara otomatis setiap email yang masuk pada inbox anda. Ketiga fasilitas ini sangat penting anda butuhkan apalagi jika anda ingin berbisnis online melalui situs web. Oleh karena itu pastikan anda mengecek ketiga fasilitas tersebut sebelum anda membelinya.

Untuk membuat email hosting caranya mudah sekali. Langkah pertama anda masuk ke menu cPanel situs anda http://www.nama-situs-anda.com/cpanel. Akan muncul tampilan seperti gambar 1 berikut:

Gambar 1

Kemudian anda masukkan username dan password sesuai dengan konfirmasi email yang anda terima dari penyedia jasa layanan web hosting anda. Jika anda berhasil masuk, akan muncul tampilan seperti ditunjukkan pada gambar 2 berikut:

Gambar 2

Gambar 2 di atas adalah menu cPanel. Pada cPanel terdiri dari berbagai menu, salah satunya yaitu menu Mail. Pada menu Mail terdapat berbagai pilihan pengaturan. Untuk membuat akun email anda klik Email Accounts. Akan muncul tampilan seperti ditunjukkan pada gambar 3 di bawah ini:

Gambar 3

Pada gambar 3 terlihat beberapa form untuk membuat akun email hosting. Pada baris email, anda masukkan nama email yang ingin anda buat. Misal : nama-anda@microbasz.com. Kemudian anda masukkan password email anda. Masukkan password anda sekali lagi pada baris password (again). Pada baris Strength anda dapat mengetahui kekuatan password anda. Password yang mudah ditebak akan memiliki kekuatan yang rendah/weak. Perlu anda ketahui bahwa penggunaan password sebaiknya menggunakan kombinasi huruf dan angka agar tidak mudah dijebol oleh para cracker. Jika anda masih bingung dalam memilih password, anda dapat memanfaatkan password generator.

Pada Mailbox quota anda dapat mengatur kapasitas maksimal yang dapat ditampung oleh akun email tersebut. Anda masukkan jumlah kuota yang anda inginkan dalam satuan MegaByte. Dengan adanya fasilitas ini anda dapat mengatur kapasitas space hosting anda secara maksimal terutama jika anda memiliki kapasitas space hosting yang sedikit dengan jumlah akun email yang banyak. Namun jika anda memiliki kapasitas space hosting yang besar, anda dapat memilih unlimited.

Jika sudah selesai, anda klik Create Account. Jika berhasil, maka akun email yang anda buat akan muncul pada daftar akun email seperti ditunjukkan pada gambar 4 sebagai berikut:

Gambar 4

Pada gambar 4, akun email nama-anda@microbasz.com telah berhasil dibuat. Jika anda ingin merubah password akun email tersebut, anda dapat memilih Change Password seperti ditunjukkan pada gambar 5.

Gambar 5

Pada gambar 5, untuk mengubah password akun email yang telah anda buat, anda masukkan password baru anda kemudian anda ulangi pada password (again). Kemudian anda klik Change Password jika sudah selesai. Klik Cancel jika anda ingin membatalkan perubahan password email.

Sedangkan untuk mengubah kuota kapasitas mailbox email anda dapat memilih Change Quota seperti ditunjukkan pada gambar 6.

Gambar 6

Pada gambar 6, untuk mengubah kuota kapasitas akun email yang anda buat, anda dapat memasukkan jumlah kuota yang baru dalam satuan MegaByte. Anda juga dapat merubah kapasitas yang semula terbatas/limited menjadi unlimited. Jika sudah selesai, anda klik Change Quota. Klik Cancel jika anda ingin membatalkan perubahan quota kapasitas email.

Jika anda ingin menghapus akun email, anda dapat memilih Delete pada akun yang anda maksud seperti ditunjukkan pada gambar 7.

Gambar 7

Pada gambar 7, akan muncul konfirmasi apakah anda berniat menghapus akun email nama-anda@microbasz.com? Klik Delete jika anda ingin menghapus atau klik Cancel jika anda ingin membatalkan penghapusan akun email. PERHATIAN : Jika anda menghapus akun email tersebut, maka seluruh data inbox maupun outbox akan hilang. Pastikan anda backup terlebih dahulu jika anda yakin ingin menghapusnya.

Sampai disini anda sudah dapat membuat akun email sendiri pada web hosting. Untuk dapat menggunakan layanan email tersebut anda dapat memanfaatkan fasilitas webmail pada cPanel atau menggunakan fasilitas email client seperti Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird dan program email klien lainnya.

Incoming search terms for the article:

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply