Apa itu VPS?


hosting

Dalam dunia jaringan internet, seringkali kita mendengar kata VPS (Virtual Private Server). Ketika Anda browsing internet misalnya, banyak iklan yang menawarkan VPS hosting ini. Mungkin Anda juga bertanya-tanya : sebenarnya apa itu VPS? Mengapa website-website perusahaan memilih VPS dibandingkan dengan hosting biasa? Apa kelebihan yang ditawarkan VPS? Nah, pada artikel berikut ini akan dibahas mengenai seputar apa itu VPS. Bagi Anda administrator website, artikel tentang apa itu VPS berikut ini mungkin akan sedikit membantu dalam memanajemen website pada web hosting Anda.

Apa itu VPS : Pengertian VPS

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa itu VPS, terlebih dahulu kita bahas mengenai pengertian VPS. VPS atau Virtual Private Server merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sumber daya / resource sebuah komputer server dapat dipartisi atau dibagi menjadi beberapa server virtual. Server virtual ini mempunyai kemampuan untuk menjalankan sistem operasi sendiri mirip sebuah server. Melalui teknologi ini pula Anda juga dapat me-restart sebuah server virtual secara terpisah tanpa harus me-restart server utama.

Dalam teknologi VPS, resource server seperti CPU Core, CPU Usage, RAM, dan Storage dapat partisi ke dalam beberapa server virtual. Server virtual inilah yang kemudian ditawarkan dalam paket VPS hosting. Dengan adanya VPS hosting, Anda serasa memiliki server sendiri karena kontrol penuh konfigurasi server ada di tangan Anda. Itulah sebabnya banyak website perusahaan cenderung menggunakan VPS dibandingkan dengan jenis hosting lainnya.

Apa itu VPS : Kelebihan Teknologi VPS

Setelah Anda mengetahui pengertian apa itu VPS, berikutnya kita pelajari kelebihan apa saja yang ditawarkan VPS tersebut. Pada dasarnya teknologi dalam sebuah layanan VPS adalah teknologi virtualisasi, dimana teknologi ini berfungsi untuk membagi komputer server menjadi beberapa server virtual. Salah satu platform teknologi VPS paling unggul saat ini yaitu XEN Hypervisor. XEN Hypervisor memiliki beberapa keunggulan, antara lain :
* Seperti halnya pada server linux biasa, teknologi XEN Hypervisor mempunyai kemampuan swap space sehingga dapat secara bebas memanajemen partisi swap.
* Anda mempunyai kontrol yang lebih besar terhadap VPS. Dengan teknologi ini pula Anda dapat melakukan konfigurasi firewall/iptables secara fleksibel.
* Anda dapat menjalankan beberapa modul kernel.
* Anda juga dapat mengakses secara langsung konsol ketika Anda melakukan troubleshooting.

Apa itu VPS : Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai apa itu VPS dapat disimpulkan bahwa teknologi VPS mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan layanan hosting biasa sehingga banyak website perusahaan yang memakai teknologi VPS ini. Selain itu dengan adanya teknologi VPS dapat menjadi solusi alternatif bagi Anda yang menginginkan fitur layanan hosting secara dedicated server namun dengan harga yang terjangkau.

Setelah Anda mengerti seluk beluk apa itu VPS, kini saatnya bagi Anda untuk mengaplikasikan website Anda dengan memilih layanan VPS hosting. Di internet banyak penyedia layanan jasa VPS hosting ini dengan harga murah. Bahkan ada yang menawarkan dengan tarif sewa per bulan sehingga semakin terjangkau. Namun murahnya harga layanan VPS hosting ini perlu Anda cermati masalah kualitas layanannya. Jangan sampai Anda memilih layanan VPS hosting yang murah namun Anda kecewa lantaran koneksi servernya yang kurang stabil.

Sedikit tips bagi Anda yang ingin beralih ke layanan VPS hosting, sebaiknya Anda mengerti betul apa itu VPS karena segala sesuatu yang terjadi pada VPS hosting Anda adalah tanggung jawab Anda sendiri. Pengetahuan Anda tentang server linux sangat dibutuhkan ketika Anda mempelajari apa itu VPS. Jadi masih banyak yang perlu Anda pelajari tentang apa itu VPS sebelum Anda migrasi ke VPS hosting.

Selamat belajar!

Incoming search terms for the article:

Leave a Reply