Apa Itu Reseller Hosting?


hosting

Dalam dunia hosting mungkin Anda tidak asing lagi dengan apa itu reseller hosting. Secara harafiah apa itu reseller hosting merupakan agen penjual hosting. Sebenarnya apa itu reseller hosting? Bagaimana cara menjadi apa itu reseller hosting? Keuntungan apa saja jika menjadi apa itu reseller hosting? Artikel berikut ini akan mengupas tuntas mengenai seluk beluk apa itu reseller hosting.

Pengertian apa itu reseller hosting

Reseller hosting merupakan orang yang menjual kembali hosting dari provider web hosting. Dalam kehidupan sehari-hari, reseller hosting disebut juga agen penjual hosting karena reseller hosting membagi-bagi sendiri hosting yang telah dibelinya dari provider web hosting untuk dijualnya kembali.

Dengan menjadi reseller hosting, Anda dapat membuat satu provider web hosting dengan brand merk Anda sendiri. Karena Anda mempunyai merk tersendiri, maka identitas Anda sebagai reseller hosting dirahasiakan oleh provider web hosting. Jadi dalam prakteknya Anda dapat membuat paket hosting sendiri dan mempunyai private nameserver sendiri, dengan asumsi domain Anda adalah domainanda.com dan private nameserver ns1.domainanda.com dan ns2.domainanda.com. Dengan demikian informasi domain Anda akan menuju ke nameserver domain Anda sendiri.

Hebatnya lagi, Anda sebagai reseller hosting mempunyai technical support sendiri untuk mengatasi masalah yang dihadapi pelanggan Anda. Apabila server hosting mengalami masalah, Anda sebagai reseller hosting tidak perlu berhubungan langsung dengan server yang bermasalah. Anda cukup mengajukan komplain ke provider web hosting.

Bagaimana cara menjadi apa itu reseller hosting

Setelah Anda mengetahui apa itu reseller hosting, maka langkah berikutnya kita pelajari mengenai cara menjadi apa itu reseller hosting. Untuk menjadi apa itu reseller hosting, Anda tidak perlu memerlukan biaya awal yang besar. Anda cukup membeli hosting dan domain Anda terlebih dahulu di provider web hosting.

Langkah berikutnya Anda buat website reseller hosting Anda di internet. Dalam hal ini Anda buat nama provider web hosting dengan nama domain dan nama server sesuai dengan keinginan Anda. Untuk membantu penjualan, Anda dapat mencantumkan layanan chat dengan marketing di website Anda. Kemudian sediakan pula layanan chat dengan customer service untuk melayani masalah yang dihadapi pelanggan. Secara berkala, lakukan maintenance terhadap pelanggan Anda agar layanan hosting yang Anda berikan selalu prima.

Keuntungan menjadi apa itu reseller hosting

Setelah Anda mengetahui cara menjadi apa itu reseller hosting, mungkin Anda bertanya-tanya : keuntungan apa saja yang ditawarkan jika menjadi apa itu reseller hosting? Sebenarnya keuntungan menjadi apa itu reseller hosting terletak pada selisih antara harga jual dan harga beli. Sama seperti prinsip perdagangan pada umumnya, pada reseller hosting besarnya keuntungan yang Anda peroleh tergantung pada harga jual yang Anda patok ke konsumen.

Jika Anda seorang developer atau programmer web, menjadi seorang reseller hosting cukup menggiurkan. Anda dapat menawarkan paket untuk layanan jasa pembuatan website dengan layanan hosting Anda sehingga keuntungan Anda pun menjadi berlipat. Selain itu Anda juga dapat memelihara website pelanggan Anda secara maksimal sehingga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa reseller hosting berbeda dengan affiliate hosting. Dalam kehidupan sehari-hari reseller hosting dapat diibaratkan Anda sebagai agen/distributor sedangkan affiliate hosting diibaratkan sebagai makelar/perantara. Karena perbedaan inilah keuntungan reseller hosting lebih besar daripada affiliate hosting, namun dibalik itu reseller hosting dapat mengalami kerugian karena mereka perlu berinvestasi terlebih dahulu.

Kesimpulan apa itu reseller hosting

Dari keterangan di atas, dapat kita simpulkan bahwa untuk menjadi apa itu reseller hosting tidak memerlukan pengetahuan teknis seperti provider hosting. Jika terjadi masalah Anda dapat meminta bantuan pada provider hosting Anda. Kunci sukses menjadi apa itu reseller hosting terletak pada kepuasan pelanggan Anda menggunakan jasa hosting Anda. Oleh karena itu jalinan hubungan antara Anda selaku reseller hosting dengan pelanggan perlu menjadi prioritas utama.

Incoming search terms for the article:

Leave a Reply