Apa Itu Domain?


hosting

Bagi Anda yang baru pertama kali membuat sebuah website mungkin Anda masih bingung perbedaan apa itu domain dan hosting. Sebenarnya apa itu domain? Apa itu domain sama dengan hosting? Artikel berikut ini akan membantu Anda menelusuri seluk beluk apa itu domain.
Definisi apa itu domain

Apa itu domain? Domain merupakan sebuah nama unik yang diberikan oleh domain name server agar dapat dikenali sebagai nama server komputer seperti halnya pada web server dan email server di internet. Dengan adanya domain, pengunjung dapat dengan mudah mengenali dan mengakses suatu website tanpa harus hafal IP address website tersebut.
Perbedaan apa itu domain dengan hosting

Domain berbeda dengan hosting. Jika apa itu domain merupakan alamat untuk menuju suatu website, maka hosting merupakan ruang penyimpanan untuk menampung file-file website tersebut. Analogi sederhananya seperti ini, domain adalah alamat rumah Anda sedangkan hosting merupakan rumah Anda sendiri. Dengan demikian domain dan hosting sama-sama diperlukan untuk membangun sebuah website dan peranannya tak tergantikan.
Pengertian top level domain dalam apa itu domain

Dalam dunia internet, seringkali kita mendengar kata top level domain. Top level domain yaitu deretan kata di belakang nama domain pada suatu alamat website. Ada 2 jenis top level domain. Pertama, global top level domain (gTLD) yaitu domain yang diperuntukkan untuk semua negara dibelahan dunia. Contoh gTLD antara lain : .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org(dotorganization), .edu(doteducation), .gov(dotgoverment), .mil(dotmilitary), .info (dotinfo) dan lain sebagainya. Kedua, country code top level domain (ccTLD). Biasanya ccTLD diperuntukkan untuk masing-masing negara. Misal di Indonesia menggunakan tambahan kode ID seperti (.co.id), (.net.id), (.or.id), (.web.id), (.go.id) dan lain sebagainya. Jika di Singapura maka akan ditambahkan kode SG, misal (.com.sg), (.net.sg) dan lain sebagainya.
Bagaimana cara membeli apa itu domain?

Apakah Anda ingin membeli domain sesuai dengan nama Anda? Jika Iya, maka belilah sekarang juga sebelum domain Anda dibeli orang. Adapun cara membeli apa itu domain yaitu dengan memesan di penyedia hosting. Pada umumnya penyedia hosting juga melayani pembelian nama domain. Agar lebih hemat, sebaiknya Anda membeli domain dan hosting secara bersamaan pada penyedia jasa hosting yang sama karena harganya dapat lebih murah. Untuk proses registrasi nama domain memerlukan waktu sekitar 24 jam agar domain Anda dapat digunakan.

Bagaimana cara memilih nama apa itu domain?
Dalam dunia SEO, nama domain seringkali dikaitkan dengan kemungkinan banyaknya jumlah pengunjung yang mengakses website Anda. Hal ini disebabkan karena nama domain sendiri akan diolah oleh search engine sebagai salah satu kriteria dalam mengurutkan hasil pencarian. Berikut ini beberapa petunjuk cara memilih nama domain yang baik.
- Pilihlah nama domain yang mengandung kata kunci website Anda. Misal www.tehnyaindonesia.com, www.download.com, www.kacang-garuda.com dan lain-lain. Namun jika website Anda untuk pribadi Anda sendiri, maka Anda dapat memakai nama Anda atau nama panggilan Anda. Misal : www.microbasz.com, www.masiqbal.net dan seterusnya.
- Gunakanlah top level domain .com untuk mempermudah search engine mencatat website Anda. Perlu Anda ketahui bahwa top level domain .com lebih disukai search engine dibandingkan top level domain lainnya.
- Jika website Anda untuk kepentingan komersial, pakailah nama domain yang mudah diingat dan dicari banyak orang. Anda dapat menggunakan bantuan Google Keyword Tool untuk membantu memecahkan masalah ini.
Kesimpulan tentang apa itu domain

Dari penjelasan tentang apa itu domain dapat disimpulkan bahwa domain memegang peranan utama dalam membangun sebuah website selain hosting. Penggunaan nama domain yang baik dan sesuai dengan aturan penamaan domain akan membantu Anda dalam memperoleh trafik kunjungan website. Semoga artikel tentang apa itu domain di atas dapat membantu Anda dalam membangun sebuah website.

Incoming search terms for the article:

Leave a Reply